Selamat datang di website resmi berdikari satelit, distributor Telepon Satelit di Indonesia

Blog Post

Mengenal Telepon Satelit

Kita mungkin sering mendengar tentang telepon satelit dan fungsinya yang sangat membantu kita dalam hal komunikasi saat berada di daerah terpencil, di gunung, di laut di area perkebunan, pertambangan, lepas pantai pokoknya daerah-daerah yang tak terjangkau sinyal telepon biasa. Berikut sebuah artikel dari raderdigest, menjelaskan cara kerja dari Satellite Phone.

Cara kerja telepon satelit sesungguhnya mirip dengan telepon selular biasa. Jika telepon biasa memantulkan sinyalnya pada menara Base Tranceiver Station (BTS) dan kemudian diteruskan ke telepon lain, begitupula dengan telepon satelit. Bedanya, BTS telepon satelit ada di luar angkasa.

Ketika melakukan panggilan, telepon akan melakukan proses pencarian satelit terdekat dan mengirimkan informasi tersebut. Nah, satelit tersebut akan menerima dan mengirimkan panggilan ke mesin penerima di tanah yang paling dekat, dikenal sebagai gateway. Gateway inilah yang mencoba meneruskan panggilan. Dalam beberapa kasus (biasanya karena jarak yang membentang antara penelepon dan penerima), gateway tidak dapat langsung melacak dan meneruskan panggilan melalui jaringan telepon yang ada. Jika hal ini terjadi, ia akan mengrimkan kembali sinyal tadi ke satelit terdekat, yang kemudian diteruskan ke gateway lain yang memungkinkan untuk menerima panggilan. Hal ini bisa memakan waktu, tergantung seberapa besar jarak lokasi penelepon dan penerima.

Penjelasan tadi hanya terdengar rumit, tetapi sebetulnya mirip dengan kegiatan menelepon biasa. Nah, lantas apa saja manfaat telepon satelit? Yang jelas, ia bisa berfungsi ketika telepon-telepon berjaringan GSM tidak berdaya – ingat soal BTS di luar angkasa tadi? Keuntungan lain adalah telepon jadi tidak mudah terputus oleh kendala cuaca dan bencana alam, dapat menjangkau daerah-daerah ekstrim seperti tengah hutan dan samudra, dapat menjangkau jarak yang jauh dalam waktu relatif singkat, serta secara fisik lebih kuat dan tahan terhadap guncangan.

Namun, telepon satelit bukannya tanpa cela. Kekurangan yang dimiliki oleh telepon ini antara lain: biaya operasional yang dikeluarkan operator telepon cukup besar – sehingga jumlah operator hanya sedikit, beban biaya yang dikenakan pada konsumen jadinya sedikit relatif lebih tinggi, ukuran telepon relatif besar, serta hanya dapat digunakan di luar ruangan (jangkauan satelit tidak dapat menembus ruangan, kecuali Anda memasang antena di tempat terbuka).

Namun tentu semua itu tak bernilai jika dibandingkan dengan kebutuhan bisnis anda dalam berkomunikasi tanpa hambatan. Dan juga Seiring kemajuan teknologi, fitur fitur pesawat telepon satelit juga semakin ditingkatkan, pilihanpun kini lebih banyak. Bahkan smartphone anda pun bisa difungsikan menjadi telepon satelit, seperti SatSleeve for iPhone.